Powered by Blogger.
RSS

Bermain Gila Menyelamatkan Kita


Sepertinya kemampuan seorang gitaris maupun player musik belum lengkap jika dia belum dapat berimprovisasi.Semakin bagus berimprovisasi maka semakin disegani. Tidak hanya main skill saja tapi tahu dimana saat bermain lambat maupun cepat, bahkan tahu saat berhenti untuk menarik nafas, dan bisa menempatkan melodi pada tempatnya.
Pasti banyak yang setuju didunia ini lebih banyak gitaris berskill tinggi daripada gitaris yang bisa menempatkan segala sesuatunya dengan tepat.
Banyak yang bisa bermain secepat kereta ekspres tetapi ketika bermain improvisasi seperti kehilangan ide, dan bingung harus berbuat apa.
Benar? saya rasa benar. Bahkan untuk memainkan beberapa frase improvisasi sederhana tidaklah mudah bahkan sering tidak enak didengar. Skill seperti dilucuti.
Lebih mudah meniru daripada mengembangkan ide sendiri, itulah kenyataannya.
Jadi jika kita bermain dalam band dan tiba giliran berimprovisasi, kita kudu siap segala macamnya terutama tahu progresi akor lagu. Tidak mengetahui progresi akor berarti seperti orang yang tidak tahu arah. Kita hanya meraba-raba dalam kegelapan dan bakal sering menabrak dinding.
Mungkin cara yang efektif untuk menutupinya adalah tetap tampil percaya diri dan berani gila.
Meski solo yang kita mainkan sangat buruk jangan sampai raut muka kita terlihat bodoh. Tabrak sekalian saja nada-nadanya dan tunjang performa kita dengan gaya-gaya unik. Tetap jaga agar penampilan kita meyakinkan penonton bahwa kita serius dengannada-nada yang kita mainkan.
Well, itu bisa digunakan sebagai jurus terakhir ketika kita sudah tertinggal di belakang :)
Saya rasa penonton akan memaklumi bahkan akan menjadi tontonan yang menarik dan atraktif daripada bermain malu-malu namun tetap tabrak sana tabrak sini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment