Powered by Blogger.
RSS

Mengenal Akor Balikan


Anda mengenal akor D on F? C on G? A on CisItulah salah satu inversi akor (akor balikan).
Berikut penjelasannya:Akor paling sederhana disusun oleh tiga nada. Misal akor mayor terdiri dari nada 1 3 5. Entah itu akor C , D, F, Bb, Fis dll, kalau itu akor mayor maka tetap saja disusun oleh nada 1 3 dan 5. Inversi disini maksudnya adalah memainkan akor dimana basnya adalah nada selain nada dasar akor tersebut.
Jika memainkan akor triad maka ada dua inversi, sebut saja inversi satu dan inverse dua.
Kita ambil contoh akor C major. Akor C major dibentuk oleh nada C(do) E(mi) G(sol). Dengan demikian :inversi satu = E(mi) G(sol) C(do),inversi dua = G(sol) C(do) E(mi).
Bisa disimpulkan bahwa bas dari akor inversi adalah anggota dari nada pembangun akor selain nada dasar akornya. Jika akor triad memiliki dua akor inversi maka akor empat nada seperti CM7 terdapat 3 akor inversi yaitu dengan bas E, G dan B (CM7=C E G B). Semakin banyak nada penyusun akordnya maka semakin banyak akor tersebut bisa di inversi.
Contoh konkritnya, misal pada lagu Bunda (Melly Goeslow).Pada kalimat “Ku Buka Album Biru…” akornya adalah C dan G. Untuk akor G ini tidak nyaman jika dimainkan dengan G sebagai basnya, lebih nyaman dengan bas di B, inilah yang disebut inversi, lebih tepatnya inversi pertama (akor G = G(do) B(mi) D(sol)).
Akor inversi ini sering disebut dengan sebutan lain. Misal D on Fis, A on Cis, Sama saja, sebenarnya ini untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Dari pada sulit mencari-cari akor D inversi pertama, maka mainkan saja akor D on Fis. Yang penting kita tahu inversi itu apa dan asal muasalnya dari mana, setelah tahu basicnya maka mudah saja untuk mengatakan itu akor apa, terutama bagi orang-orang yang sering tidak peduli dengan nama-nama akor.
Mereka bilang “mau inverse kek, mau modulasi kek, mau in Bb kek, nggak penting, yang penting enak didengar.”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment