Powered by Blogger.
RSS

Proses ATM Untuk Musisi


Seperti padang pasir kering kerontang yang menunggu hujan. Pertapaan berbulan-bulan di dalam goa tidak membuahkan hasil, wahyu juga tak kunjung turun, padahal sudah dikejar dead line untuk membuat lagu senilai puluhan juta rupiah. Cara berikut ini sangat populer dalam dunia bisnis yaitu ATM “Amati Tiru dan Modifikasi”.
Saya percaya cara ini banyak digunakan oleh musisi manapun di dunia ini. Mulai dari pop, rock, jazz, dangdut, blues, rock n roll, dll. Dari musisi pemula hingga musisi yang luar biasa cerdas. Itulah mengapa banyak kita temukan lagu yang terdengar mirip dengan lagu-lagu pendahulunya.
Intinya adalah merangkum beberapa karya, memodifikaisnya dan memunculkannya kembali menjadi sebuah karya baru yang membuat orang kagum. Disinilah letak kesulitannya. Bakat, ketekunan, kecerdasan serta nurani mungkin akan menentukan hasilnya. Apalagi saat ini masyarakat jeli untuk menentukan mana karya kamuflase dan mana karya masterpiece.
Proses yang dialami seniman dalam membuat karya dengan menggunakan rumus ATM ini pun bermacam-macam. Beberapa musisi mengalami pendidikan yang mendalam terhadap musik etnis sebelum memunculkannya kembali dengan balutan musik modern. Ada yang pergi ke sebuah pulau dan belajar disana sebelum dapat membuat karya tentang pulau tersebut. Namun banyak juga yang hanya dengan merubah beberapa frase melodi dari karya yang sudah ada baik itu karya orang lain maupun karya sendiri.
Sulit menjadi musisi garda depan. Sepertinya semua aliran musik di dunia ini sudah diciptakan. Jutaan lagu sudah diciptakan, jadi sah-sah saja seorang musisi, seniman atau siapapun menggunakan rumus ATM dalam semua aspek kehidupan, selama dia tidak menjadi plagiat.
Saya percaya nurani seorang seniman akan menolak jika karya yang dibuat muncul dari proses berfikir atau dari hasil memodifikasi karya yang sudah ada. Lebih nyaman jika karya tersebut muncul melalui insting daripada proses mencari-cari. Namun, apapun yang terjadi dibalik karya seseorang hanya dialah yang tahu. Ini adalah pengalaman pribadi masing-masing orang. Gunakan proses ATM untuk memicu munculnya ide. Proses berfikir baru dikerahkan untuk mengaransmen, membagi, mencari dan menganalisa harmoni suara dan alat musik yang digunakan.
Selamat berkarya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment